Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda menurut biologis, rohani, dan istilahkebudayaan, atau secara campuran. Sedangkan Kemampuan adalah kapasitas seorang individu (potensi) untuk melakukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan. Kemampuan adalah sebuah penilaian terkini atas apa yang dapat dilakukanseseorang.Potensi diri atau kemampuan, kekuatan, baik yang belum terwujud maupun yangtelah terwujud, yang dimiliki seseorang, tetapi belum sepenuhnya terlihat atau dipergunakansecara maksimal.
Beberapa
contoh kemampuan umum:
1. Kecakapan
akademik :
a. Membaca
b. Logika
c. Alasan kritis
2. Komunikasi antarpribadi:
a. Pidato: mendengarkan, berbicara
c. Melek huruf :menulis, membaca
3. Keterampilan motorik:
a. Berjalan,seni,kerajinan tangan,olahraga
b. Buruh terlatih
4. Keahlian inovasi Secara umum, potensi dapat
diklasifikasikan sebagai berikut.
5. Kemampuan
dasar seperti
tingkat intelegensi, kemampuan abstraksi, logika dan dayatangkap.
6. Etos kerja seperti ketekunan, ketelitian,
efisiensi kerja dan daya tahan terhadaptekanan.
7. Kepribadian yaitu pola menyeluruh semua
kemampuan, perbuatan, serta kebiasaanseseorang, baik jasmaniah, rohaniah,
emosional maupun sosial yang ditata dalam carakhas di bawah aneka pengaruh
luar.
Menurut Howard Gardner,
potensi yang terpenting adalah intelegensi, yaitu sebagai berikut:
1. Intelegensi
linguistic
intelegensi
yang menggunakan dan mengolah kata-kata, baik lisan maupun tulisan,secara
efektif. Seseorang yang memiliki kecerdasan yang baik tercermin
melalui pengungkapan gagasan-gagasan yang ingin disampaikannya itu melalui
kemampuan kata-kata dan bahasa, baik itu secara tertulis maupun lisan.kebiasaan
yang disukai oleh orang dengan kecerdasan bahasa yang baik adalah kegiatan yang
melibatkan penggunaan kemampuan pengelolaan bahasa dalam pekerjaantersebut,
misalnya membaca, menulis, baik berupa menulis kata-kata mutiara,
menulis puisi, dsb.Orang ini juga memiliki kemampuan daya ingat terhadap
sesuatu hal yang sangatkuat. Dalam metode belajar, umumnya lebih suka dengan
cara mendengarkan danverbalisasi. Ia juga akan cepat dalam melakukan pemahaman
terhadap suatu bahasa asing yang baru dikenalnya. Intelegensi ini antara lain
dimiliki oleh para sastrawan, editor, dan jurnalis.
2. Intelegensi
matematis-logis
kemampuan
yang lebih berkaitan dengan penggunaan bilangan pada kepekaan pola logika
dan perhitungan. Kecerdasan matematika menunjukan kemampuan dariseseorang untuk
berpikir secara indukti dan deduktif, berpikir logis, analisis, serta
selalumemecahakan setiap permasalahan menggunakan kemampuan berpikir. Seseorang
yang memiliki tingkat kecerdasan logika matematika yang tinggi
ini biasanya cenderung suka untuk menganalisis dan mempelajari sebuah
masalahmenggunakan pendekatan sebab akibat dari munculnya permasalahan
tersebut.Seseorang dengan tingkat kecerdasan logika matematika yang tinggi juga
biasanyasuka untuk berpikir secara konseptual. Misalnya adalah sering melakukan
sebuah pengklasifikasian dan kategorisasi terhadap sebuah permasalahan
yang dihadapinya.Kebiasaan yang suka dilakukan bagi seseorang bertipe seperti
ini adalah berhitung, dan dia memiliki kemampuan untuk menyelesaikan
permasalahan matematikasecara cepat. Permainan yang disukai oleh orang ini juga
jenis-jenis permainan yangmelibatkan kemampuan berpikir aktif dalam menjalankan
permainan tersebut, seperticatur, rubik, teka-teki, dsb.
3. Intelegensi
ruang
Kemampuan
yang berkenaan dengan kepekaan mengenal bentuk dan benda secaratepat serta
kemampuan menangkap dunia visual secara cepat. Kemampuan ini biasanyadimiliki
oleh para arsitek, dekorator dan pemburu. kecerdasan visual parsial
berkaitandengan kemampuan seseorang dalam melihat secara lebih mendalam
keterkaitan antaraobjek dan ruang.Kemampuan yang dimiliki adalah mampu untuk
menciptakan imajinasi bentuk dalam pikirannya. profesi yang biasa
berkaitan dengan kecerdasan visual parsial adalah para pemahat patung dan
para arsitek.Kemampuan untuk membayangkan suatu bentuk nyata dan
memecahkan permasalahan sehubungan dengan kemampuan ini adalah hal yang
menonjol dalamkecerdasan visual parsial ini. biasanya seseorang dengan tipe
kecerdasan seperti ini akanunggul dalam permainan mencari jejak dalam
kepramukaan.
4. Intelegensi
kinestetik-badan
Kemampuan
menggunakan gerak tubuh untuk mengekspresikan gagasan dan perasaan.
Kemampuan ini dimiliki oleh aktor, penari, pemahat, atlet dan ahli
bedah.kecerdasan kinestetik merupakan kecerdasan seseorang dalam menggunakan
bagian- bagian atau seluruh tubuhnya untuk berkomunikasi dan memecahakan
suatu permasalahan. Kecerdasan ini biasanya terlihat pada seseorang yang
unggul pada salahsatu cabang olah raga tertentu, pandai menari, bermain akrobat,
atau unggul bermainsulap.
5. Intelegensi
musical
Kemampuan
untuk mengembangkan, mengekspresikan dan menikmati bentuk- bentuk musik
dan suara. Kemampuan ini terdapat pada pencipta lagu dan penyanyi.Kecerdasan
musikal menunjukan seseorang yang lebih peka terhadap suara-suaranonverbal yang
berada di lingkungan sekitarnya, termasuk juga nada dan irama.Kebiasaan yang
sering dilakukan oleh seseorang yang cenderung memilkikecerdasan musikal yang
lebih baik adalah mendengarkan musik melalui media apa saja. Mereka juga mudah
untuk mengingat dan mengekspresikan gagasan mereka melaluimusik.
6. Intelegensi
interpersonal
Kemampuan
seseorang untuk mengerti dan menjadi peka terhadap perasaan,motivasi, dan watak
temperamen orang lain seperti yang dimiliki oleh seserang motivator dan
fasilitator. Kecerdasan interpersonal merupakan kecerdasan yang
menampakankepekaan terhadap perasaan orang lain. Kecerdasan ini juga disebut
sebagai kecerdasan sosial. Mereka
cenderung mudah memahami dan berinteraksi dengan orang lain,sehingga mudah
bersosialisasi dengan lingkungannya. Mereka juga memiliki kemampuandalam
memimpin, mengorganisir, menangani perselisihan, memperoleh simpati dariorang
lain, dsb.
7. Intelegensi
intrapersonal
Kemampuan
seseorang dalam mengenali dirinya sendiri. Kemampuan ini berkaitan dengan
kemampuan berefleksi (merenung) dan keseimbangan diri. Kecerdasanintrapersonal
ini menunjukan kemampuan seseorang yang peka terhadap perasaan daridirinya
sendiri. Mereka yang termasuk dalam golongan ini cenderung lebih mudah
dalammengorganisir segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.mereka
menyukai pada hal-hal yang berkaitan dengan kesunyian, kesendirian,
merenung,dan instropeksi diri.
8. Intelegensi
naturalis
Kemampuan
seseorang untuk mengenal alam, flora dan fauna dengan baik.kecerdasan naturalis
berkaitan dengan kemampuan seseorang yang memiliki kepekaanterhadap lingkungan
alam. Seseorang yang dominan dengan kecerdasan ini sangat sukadengan kegiatan
di alam terbuka, seperti berada di pantai, gunung, cagar alam, hutan,dsb.
Kegiatan yang biasa membuat mereka merasa tertarik adalah observasi
lingkunganalam, seperti aneka bebatuan, lapisan tanah, flora, dan fauna.
9. Intelegensi
eksistensial
Kemampuan
seseeorang menyangkut kepekaan menjawab persoalan-persoalanterdalam keberadaan
manusia, seperti apa makna hidup, mengapa manusia harusdiciptakan dan mengapa
kita hidup dan akhirnya mati.Selama ini kita selalu beranggapan jika tolak ukur
kecedasan manusia hanya tampak melalui kemampuan seseorang tersebut dalam
mendapatkan prestasi yang tinggi dilingkungan pendidikan. Misalnya juara kelas,
juara olimpiade sains, juara di bidangakademik, dsb.Hal tersebut memang ada
benarnya dan tidak dapat disalahkan sepenuhnya. akantetapi, jika kita mau untuk
menelisik lebih dalam lagi tentang apa saja itu sesungguhnya hal-hal yang
termasuk dalam kategori kecerdasan seorang manusia, maka kita akan
dapatmenemukan banyak sekali kecerdasan-kecerdasan dari manusia itu sendiri
yang belumterungkap dan mungkin selama ini belum pernah kita kenal.Menurut
kabar, berikut adalah test hasil penelitian dari Cambridge University.Pada
dasarnya, manusia dapat membaca sebuah tulisan, meskipun urutan letak huruf
dalamkata-katanya tidak beraturan. Ini disebabkan otak manusia tidak memproses
huruf per huruf melainkan kata secara keseluruhan.
Komentar
Posting Komentar