KERANGKA
FILOSOFI MERDEKA BELAJAR
1.
Profil
Pelajar Pancasila
Beriman dan bertaqwa kepadaTuhan YME dan Berakhlak
Mulia
2.
Sumber daya dan Potensi yang dimiliki sekolah yeng mendukung
a.
Program sekolah selain melaksanakan kegaiatan pembelajaran
juga memiliki program sekolah ramah anak,
program penguatan pendidikan karakter dan memiliki program pengembangan potensi bakat dan minat peserta
didik yang beragam (bidang olahraga, seni dan budaya serta kejuaraan)
b.
Kurikulum yang digunakan yang telah dikembangkan oleh pemerintah
c.
SDM sekolah baik kepala sekolah,
guru, staf, tenaga pendidikan lainnya memiliki kompetensi pendidikan yang memadai anak aktif mengikuti kegiatan pelatihan dalam rangka meningkatkan kompetensi baik wawasan maupun pengetahuan
d.
Adanya kolaborasi yang baik antar orang tua siswa, dan masyarakat untuk mendukung kegiatan sekolah.
e.
Fasilitas yang ada di sekolah seperti bangunan,
Peralatan sekolah dan ruang kelas yang representative untuk kegiatan pembelajaran
3. Alur kerangka ‘Merdeka Belajar’
adalah sebagai berikut:
o
Tujuan Utama:
‘Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila’
o
Profil Pelajar Pancasila:
Beriman dan bertaqwa kepadaTuhan YME dan Berakhlak
Mulia
o
Kompetensi Pelajar Pancasila :
Peserta didik mampu bersikap dan berperilaku
yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk
agama lain
o
Indikator Ketercapaian:
1) Peserta didik mampu bersikap dan berperilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, serta hidup rukun dengan pemeluk
agama lain.
2) Peserta didik mampu bersikap dan berperilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya,
3) Peserta
didik mampu toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
4) Peserta
didik mampu hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
o
Elaborasi
dan pelaksanaan konkret di sekolah dan kelas
1) Apa yang akan dilakukan untuk mencapai
Profil Pelajar Pancasila yang dipilih?
a)
Penciptaan
Suasana Religius.
Upaya untuk mengkondisikan suasana sekolah dengan
nilai-nilai dan perilaku religius (keagamaan). Hal ini dapat dilakukan dengan:
(1) kepemimpinan, (2) skenario penciptaan suasana religius, (3) tempat ibadah,
(4) dukungan warga masyarakat. Melaksanakan kegiatan pembiasaan sekolah seperti
tadarus alquran selama 15 menit, Pembinaan mental setiap minggu secara
terjadwal, melaksanakan kegiatan sholat duhur berjamaah di sekolah
b)
Internalisasi
Nilai.
Internalisasi nilai merupakan suatu
proses menanamkan dan menumbuhkembangkan suatu nilai atau budaya menjadi bagian
diri (self) melalui pendidikan dan pengajaran. Internalisasi nilai juga
dengan dibangun komitmen bersama diantara semua warga sekolah khususnya para
siswa terhadap pengembangan nilai-nilai yang telah disepakati. Nilai-nilai
tersebut ada yang bersifat vertikal dan horizontal
c)
Keteladanan.
Anak dalam pertumbuhannya memerlukan contoh.
Keteladanan dari semua warga sekolah baik kepala sekolah,
guru, staf TU maupun lainnya dengan sikap dan perilaku yang mencerminkan budi
pekerti luhur. Adanya keseimbangan antara olah cipta, rasa dan karsa serta raga
sehingga dapat menciptakan peserta didik
yang bijaksana
2)
Profil
Pelajar Pancasila dipilih karena Profil beriman dan bertaqwa merupakan dasar menuju
pembentukan karakter yang lainnya.
3)
Cara
mencapai Profil Pelajar Pancasila yang dipilih
a)
Melaksanakan
kegiatan secara berkelanjutan atau pembiasaan
b)
Menjadi
program sekolah dan sebagai standar kompetensi lulusan
4) Pihak yang terlihat dalam pengembangan profil pelajar pancasil
Guru, siswa dan seluruh stakeholder sekolah, orang tua dan masyarakat sekitar.
Terimakasih atas informasinya
BalasHapusSangat bermanfaat infonya bu...
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
HapusTerima kasih pak Nazar
HapusSalam dan Bahagia