MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN
MELALUI PAPAN WICARA LISA (LIHAT SAMPAH AMBIL) ONLINE
Oleh: Atik Siti Maryam, M.Pd, Kons
Menurut Ki
Hajar Dewantara, Pendidikan adalah menuntun
segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu agar murid sebagai manusia
dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan
setinggi-tingginya” Pendidikan memiliki dua tujuan yang besar yaitu membantu murid
menjadi cerdas dan membantu murid menjadi baik. Menjadikan murid baik merupakan
bentuk dari pembangunan karakter bangsa. Karakter sama dengan kepribadian.
Artinya kepribadian dianggap sebagai ciri, karakteristik, pembawaan, atau sifat
khas pada setiap individu berasal dari bentukan-bentukan yang diterima dari
lingkungan. Karakter diartikan sebagai upaya berpikir dan bertindak yang khas
pada setiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkungan
keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara.
Permasalahan karakter yang terjadi saat ini juga
tidak lepas dari permasalahan dengan lingkungan yaitu masih adanya masyarakat
yang kurang peduli terhadap kelestarian lingkungan, dapat dilihat dari masih
adanya warga masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan pembakaran hutan
yang dapat menimbulkan terjadinya berbagai bencana alam seperti banjir, kabut
asap, dan longsor. Hal ini tentunya juga sangat berdampak bagi masyarakat dan
lingkungan sekitar. Permasalahan lingkungan yang terjadi harus segera
diselesaikan. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui pembentukkan
karakter sejak dini, salah satu tempay untuk mengembangkan karakter murid
adalah di sekolah.
Kepedulian akan lingkungan sekolah kurang
dilaksanakan dengan maksimal, murid masih banyak kurang respon dengan sampah
yang berserakan di sekitarnya, bahkan dapat dihat ketika waktu jam istirahat
sekolah dimana banyak murid yang membeli jajanan dan murid tidak semuanya
membuang sampah jajananya pada tempat sampah yang disediakan oleh sekolah. maka
diperlukan satu program untuk meningkatkan kepedulian murid terhadap kebersihan
lingkungannya, terutama kepedulian terhadap sampah yang ada di sekitarnya.
Program LISA (Lihat Sampah Ambil) dapat membentuk
karakter peduli lingkungan, peserta didik juga terbiasa membuang sampah pada
tempatnya. Dalam Masa pandemic Covid-19 kegiatan pembelajaran berlangsung
melalui daring. Maka kegiatan program LISA menjadi salah satu proyek kegiatan
murid melaui video, foto atau poster yang mana dapat juga dipublikasikan pada
masayarakat luas melalui Mading Digital yang berupa Papan Semerbak LISA.
Papan Wicara LISA adalah terobosan digital yang mengubah majalah
dinding konvensional menjadi majalah dinding digital dengan
memanfaatkan aplikasi sosial media, digunakan sebagai tempat kampanye
program Lihat Sampah Ambil SMPN Negeri 2 Brebes, Gerakan LISA menanamkan
kepedulian & kesadaran bagi seluruh Warga SMP Negeri 2 Brebes dan warga
sekitar agar peduli terhadap lingkungannya sendiri baik di rumah maupun di
Sekolah, melalui gerakan LISA juga dalam upaya mengatasi permasalahan sampah di
kabupaten Brebes.
Gerakan LISA di SMP Negeri2 Brebes
dalam rangka mengedukasi murid agar memiliki kebiasaan yang baik untuk peduli
dengan lingkungan. Bukan hanya pemahaman secara kognitif saja dalam memahami
pentingnya kebersihan dan kepedulian lingkungan, namun juaga memiliki
ketrampilan yang dilatih agar dapat membentuk karakter murid yang mencintai
lingkungan yang bersih dan mampu berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya,
melalui Papan wicara LISA memungkinkan seluruh guru, para murid, serta orang
tua murid untuk memperoleh informasi tentang program LISA (Lihat Sampah Ambil)
dan ikut serta berpartisipasi dalam memberikan informasi pada masayarakat luas
dengan video atau poster LISA.
Kegiatan aksi nyata membentuk
karakter peduli lingkungan melalui papan wicara LISA (Mading Online) merupakan
salah satu dari kegiatan membentuk karakter peduli lingkungan melalui Program Wicara
LISA Lihat Sampah Ambil) di SMP Negeri 2 Brebes, mengingat terdapat 4 guru SMP Negeri 2 Brebes
yang lolos menjadi calon Guru Penggerak maka kegiatan aksi nyata dibuat
berkaitan antar satu dengan lainnya. Oleh karena itu dalam kegiatan membentuk
karakter peduli lingkungan melalui Program LISA Lihat Sampah Ambil) saling
berkolaborasi antar calon Guru Penggerak di SMP Negeri 2 Brebes. Kegiatan aksi
nyata diantaranya :
1. Minggu
ke 1
a. Publikasi
program membentuk karakter peduli lingkungan melalui
Program LISA Lihat Sampah Ambil) sebagai upaya penanaman
nilai-nilai karakter peduli lingkungan dengan melibatkan semua pihak yang
terkait, dan kepala sekolah. (Semua CGP terlibat: B. Widya :moderator). B.Atik
(presenter), B. Intan (penjawab) & B. Krisna (notulen), dan orang tua.
b. Pembentukan
Tim Papan Wicara (Mading Online) LISA (Lihat Sampah
Ambil)
c. Pengumpulan
ide-ide membentuk karakter peduli lingkungan melalui
Program LISA (Lihat Sampah Ambil)
d. Diperoleh
kesepakatan implementasi Budaya Kerigan diantaranya adalah
1) Menentukan Papan Wicara / Mading Online yang
akan digunakan untuk mempublikasikan berbagai kegiatan program LISA murid yang
familier dengan murid yaitu Instagram.
2) Menentukan produk karya siswa dalam
kegiatan membentuk karakter
peduli lingkungan melalui Program LISA Lihat Sampah Ambil) yang akan dikirim dalam papap LISA
online (Instagram) yaitu foto atau
video dengan konsep penjelasannya.
2. Minggu
ke 2
a.
Penyampaian
materi membentuk karakter peduli lingkungan melalui
Program LISA (Lihat Sampah Ambil) melalui WA grup dan Google Site tujuannya untuk memberikan wawasan
dan pemahaman awal tentang peduli
lingkungan melalui Program LISA (Lihat Sampah Ambil), dan pentingnya
mempublikasikan kegiatan LISA (LIhat Sampah Ambil) melalui media social.
b. Kegiatan
LISA (LIhat Sampah Ambil) diimplementasikan dalam lingkungan rumah dan
sekitarnya. Murid mendokumentasikan kegiatan LISA di rumah menggunakan foto
atau video dan dishare dalam Instagram Papan Semerbak LISA SMP Negeri 2 Brebes
c. TIM Papan
Wicara LISA mmembantu murid yang kesulitan dalam membuat video atau poster.
3. Minggu ke 3
Melaksanakan refleksi pelaksanaan kegiatan LISA (Lihat Sampah Ambil) melalui papan wicara LISA belum dapat dilaksanakan karena kegiatan pembelajaran semester gasal Tahun 2020/2021 telah berakhir maka akan dilaksanakan dalam semester genap Tahun 2020/2021
C.
HASIL DARI AKSI NYATA
Hasil kegiatan
Membentuk kararakter peduli lingkungan dengan papan wicara/Mading Online adalah
1. Murid mendokumentasikan kegiatan LIhat Sampah
Ambil melalui foto dan Video
2. Murid mengembangkan pengetahuan dan
ketrampilannya dalam kampanye gerakan LISA ( Lihat Sampah Ambil) melalui
poster.
3. Papan Wicara LISA / Mading Online menggunakan
Intagram
D.
PEMBELAJARAN YANG DIDAPAT DARI PELAKSANAAN
1. Kegagalan
Kegagalan dalam mengembangkan budaya disiplin
positif melalui kesepakatan kelas diantaranya
a) Sebagian
besar murid sudah memiliki Instagram namun lebih banyak mengirimkan hasil
dokumen kegiatan LISA melalui WA Grup dan guru menguplod melalui akun Instagram
Papapn LISA SMP Negeri 2 Brebes.
b) Waktu
kegiatan tidak maksimal karena murid mengikuti kegiatan PAS, sehingga belum
semua murid mengirimkan dokumentasi kegiatan LISA yang telah dilakukan di
rumah.
c) Refleksi pelaksanaan pembentukan karakter
peduli lingkungan menggunakan Papan Wicara LISA belum dapat dilaksanakan karena kegiatan
pembelajaran semester gasal Tahun 2020/2021 telah berakhir maka akan
dilaksanakan dalam semester genap Tahun 2020/2021
2. Keberhasilan
Keberhasilan dalam kegiatan pembentukan karakter peduli lingkungan menggunakan Papan Wicara LISA diantaranya
a) Murid
sangat antusias melaksanakan kegiatan LISA di lingkungan rumahnya
b) Proyek murid dalam implementasi budaya Kerigan
disesuaikan dengan perkembangan jaman, pembuatan poster maupun video dan
mempublikasikan media social sebagai kegiatan meningkatkan kemampuan IT yang
positif.
c) Sebagian besar murid berhasil membuat dokumentasi
kegiatan LISA seperti yang direncanakan baik itu berupa foto, video, dan poster.
d) Semangat dan antusias murid luar biasa dalam mengimplementasikan
gerakan LISA dalam kegiatan sehari-hari
e) Kerjasama TIM Papan Wicara LISA sangat luar
biasa, Tim membantu murid yang kesulitan dalam membuat video atau poster.
E. RENCANA PERBAIKAN PELAKSANAAN DI MASA MENDATANG
1. Papan Wicara LISA online akan terus dikembangkan, bukan hanya untuk kegiatan LISA saja tetapi memanfaatkan limbah sampah menjadi barang yang berguna bagi kehidupan lingkungan.
2. Berkomunikasi dengan murid lebih banyak lagi untuk memperoleh ide dan gambaran tentang pengembangan karakter peduli lingkungan lainnya
3. Membuat satu akun di media online lainnya yang menjadi pilihan murid dalam mempublikasikan gerakan LISA
4. Melaksanakan refleksi pelaksanaan pembentukan pada semester genap Tahun 2020/2021
F.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Komentar
Posting Komentar