MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PAPAN WICARA LISA (LIHAT SAMPAH AMBIL) ONLINE



MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN

MELALUI PAPAN WICARA LISA  (LIHAT SAMPAH AMBIL) ONLINE

Oleh: Atik Siti Maryam, M.Pd, Kons

 

 A.    LATAR BELAKANG

Menurut  Ki Hajar Dewantara,  Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu agar murid sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya” Pendidikan memiliki dua tujuan yang besar yaitu membantu murid menjadi cerdas dan membantu murid menjadi baik. Menjadikan murid baik merupakan bentuk dari pembangunan karakter bangsa. Karakter sama dengan kepribadian. Artinya kepribadian dianggap sebagai ciri, karakteristik, pembawaan, atau sifat khas pada setiap individu berasal dari bentukan-bentukan yang diterima dari lingkungan. Karakter diartikan sebagai upaya berpikir dan bertindak yang khas pada setiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, bangsa dan Negara.

Permasalahan karakter yang terjadi saat ini juga tidak lepas dari permasalahan dengan lingkungan yaitu masih adanya masyarakat yang kurang peduli terhadap kelestarian lingkungan, dapat dilihat dari masih adanya warga masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan pembakaran hutan yang dapat menimbulkan terjadinya berbagai bencana alam seperti banjir, kabut asap, dan longsor. Hal ini tentunya juga sangat berdampak bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. Permasalahan lingkungan yang terjadi harus segera diselesaikan. Upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu melalui pembentukkan karakter sejak dini, salah satu tempay untuk mengembangkan karakter murid adalah di sekolah.

Kepedulian akan lingkungan sekolah kurang dilaksanakan dengan maksimal, murid masih banyak kurang respon dengan sampah yang berserakan di sekitarnya, bahkan dapat dihat ketika waktu jam istirahat sekolah dimana banyak murid yang membeli jajanan dan murid tidak semuanya membuang sampah jajananya pada tempat sampah yang disediakan oleh sekolah. maka diperlukan satu program untuk meningkatkan kepedulian murid terhadap kebersihan lingkungannya, terutama kepedulian terhadap sampah yang ada di sekitarnya.

Program LISA (Lihat Sampah Ambil) dapat membentuk karakter peduli lingkungan, peserta didik juga terbiasa membuang sampah pada tempatnya. Dalam Masa pandemic Covid-19 kegiatan pembelajaran berlangsung melalui daring. Maka kegiatan program LISA menjadi salah satu proyek kegiatan murid melaui video, foto atau poster yang mana dapat juga dipublikasikan pada masayarakat luas melalui Mading Digital yang berupa Papan Semerbak LISA.

Papan Wicara LISA adalah terobosan digital yang mengubah majalah dinding konvensional menjadi majalah dinding digital dengan memanfaatkan aplikasi sosial media, digunakan sebagai tempat kampanye program Lihat Sampah Ambil SMPN Negeri 2 Brebes, Gerakan LISA menanamkan kepedulian & kesadaran bagi seluruh Warga SMP Negeri 2 Brebes dan warga sekitar agar peduli terhadap lingkungannya sendiri baik di rumah maupun di Sekolah, melalui gerakan LISA juga dalam upaya mengatasi permasalahan sampah di kabupaten Brebes.

Gerakan LISA di SMP Negeri2 Brebes dalam rangka mengedukasi murid agar memiliki kebiasaan yang baik untuk peduli dengan lingkungan. Bukan hanya pemahaman secara kognitif saja dalam memahami pentingnya kebersihan dan kepedulian lingkungan, namun juaga memiliki ketrampilan yang dilatih agar dapat membentuk karakter murid yang mencintai lingkungan yang bersih dan mampu berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya, melalui Papan wicara LISA memungkinkan seluruh guru, para murid, serta orang tua murid untuk memperoleh informasi tentang program LISA (Lihat Sampah Ambil) dan ikut serta berpartisipasi dalam memberikan informasi pada masayarakat luas dengan video atau poster LISA.

 

B.     DESKRIPSI AKSI NYATA

Kegiatan aksi nyata membentuk karakter peduli lingkungan melalui papan wicara LISA (Mading Online) merupakan salah satu dari kegiatan membentuk karakter peduli lingkungan melalui Program Wicara LISA Lihat Sampah Ambil) di SMP Negeri 2 Brebes,  mengingat terdapat 4 guru SMP Negeri 2 Brebes yang lolos menjadi calon Guru Penggerak maka kegiatan aksi nyata dibuat berkaitan antar satu dengan lainnya. Oleh karena itu dalam kegiatan membentuk karakter peduli lingkungan melalui Program LISA Lihat Sampah Ambil) saling berkolaborasi antar calon Guru Penggerak di SMP Negeri 2 Brebes. Kegiatan aksi nyata diantaranya :

1.   Minggu ke 1

a.       Publikasi program membentuk karakter peduli lingkungan melalui Program LISA Lihat Sampah Ambil) sebagai upaya penanaman nilai-nilai karakter peduli lingkungan dengan melibatkan semua pihak yang terkait, dan kepala sekolah. (Semua CGP terlibat: B. Widya :moderator). B.Atik (presenter), B. Intan (penjawab) & B. Krisna (notulen), dan orang tua.

b.      Pembentukan Tim Papan Wicara (Mading Online) LISA (Lihat Sampah Ambil)

c.    Pengumpulan ide-ide membentuk karakter peduli lingkungan melalui Program LISA (Lihat Sampah Ambil)

d.      Diperoleh kesepakatan implementasi Budaya Kerigan diantaranya adalah

1) Menentukan Papan Wicara / Mading Online yang akan digunakan untuk mempublikasikan berbagai kegiatan program LISA murid yang familier dengan murid yaitu Instagram.

2) Menentukan produk karya siswa dalam kegiatan membentuk karakter peduli lingkungan melalui Program LISA Lihat Sampah Ambil) yang akan dikirim dalam papap LISA online (Instagram) yaitu foto atau video dengan konsep penjelasannya.

2.     Minggu ke 2

a.      Penyampaian materi membentuk karakter peduli lingkungan melalui Program LISA (Lihat Sampah Ambil) melalui WA grup dan Google Site tujuannya untuk memberikan wawasan dan pemahaman awal tentang peduli lingkungan melalui Program LISA (Lihat Sampah Ambil), dan pentingnya mempublikasikan kegiatan LISA (LIhat Sampah Ambil) melalui media social.

b.   Kegiatan LISA (LIhat Sampah Ambil) diimplementasikan dalam lingkungan rumah dan sekitarnya. Murid mendokumentasikan kegiatan LISA di rumah menggunakan foto atau video dan dishare dalam Instagram Papan Semerbak LISA SMP Negeri 2 Brebes

c.   TIM Papan Wicara LISA mmembantu murid yang kesulitan dalam membuat video atau poster.

3.      Minggu ke 3

Melaksanakan refleksi pelaksanaan kegiatan LISA (Lihat Sampah Ambil) melalui papan wicara LISA belum dapat dilaksanakan karena kegiatan pembelajaran semester gasal Tahun 2020/2021 telah berakhir maka akan dilaksanakan dalam semester genap Tahun 2020/2021

C.    HASIL DARI AKSI NYATA

Hasil kegiatan Membentuk kararakter peduli lingkungan dengan papan wicara/Mading Online adalah

1.      Murid mendokumentasikan kegiatan LIhat Sampah Ambil melalui foto dan Video

2.    Murid mengembangkan pengetahuan dan ketrampilannya dalam kampanye gerakan LISA ( Lihat Sampah Ambil) melalui poster.

3.      Papan Wicara LISA / Mading Online menggunakan Intagram

 

D.    PEMBELAJARAN YANG DIDAPAT DARI PELAKSANAAN

1.      Kegagalan

Kegagalan dalam mengembangkan budaya disiplin positif melalui kesepakatan kelas diantaranya

a)      Sebagian besar murid sudah memiliki Instagram namun lebih banyak mengirimkan hasil dokumen kegiatan LISA melalui WA Grup dan guru menguplod melalui akun Instagram Papapn LISA SMP Negeri 2 Brebes.

b)     Waktu kegiatan tidak maksimal karena murid mengikuti kegiatan PAS, sehingga belum semua murid mengirimkan dokumentasi kegiatan LISA yang telah dilakukan di rumah.

c)   Refleksi pelaksanaan pembentukan karakter peduli lingkungan menggunakan Papan Wicara LISA  belum dapat dilaksanakan karena kegiatan pembelajaran semester gasal Tahun 2020/2021 telah berakhir maka akan dilaksanakan dalam semester genap Tahun 2020/2021

2.    Keberhasilan

Keberhasilan dalam kegiatan pembentukan karakter peduli lingkungan menggunakan Papan Wicara LISA diantaranya

a)      Murid sangat antusias melaksanakan kegiatan LISA di lingkungan rumahnya

b)   Proyek murid dalam implementasi budaya Kerigan disesuaikan dengan perkembangan jaman, pembuatan poster maupun video dan mempublikasikan media social sebagai kegiatan meningkatkan kemampuan IT yang positif.

c) Sebagian besar murid berhasil membuat dokumentasi kegiatan LISA seperti yang direncanakan baik itu berupa foto, video, dan poster.

d)   Semangat dan antusias murid luar biasa dalam mengimplementasikan gerakan LISA dalam kegiatan sehari-hari

e)  Kerjasama TIM Papan Wicara LISA sangat luar biasa, Tim membantu murid yang kesulitan dalam membuat video atau poster.

 

E.     RENCANA PERBAIKAN PELAKSANAAN DI MASA MENDATANG

    1.      Papan Wicara LISA online akan terus dikembangkan, bukan hanya untuk kegiatan LISA saja         tetapi memanfaatkan limbah sampah menjadi barang yang berguna bagi kehidupan lingkungan.

    2.      Berkomunikasi dengan murid lebih banyak lagi untuk memperoleh ide dan gambaran tentang           pengembangan karakter peduli lingkungan lainnya

   3. Membuat satu akun di media online lainnya yang menjadi pilihan murid dalam mempublikasikan gerakan LISA

  4.      Melaksanakan refleksi pelaksanaan pembentukan pada semester genap Tahun 2020/2021


F.     LAMPIRAN-LAMPIRAN

 


Gambar 1. Instagram Papan Wicara LISA online


YouTube Aksi Nyata Membentuk Karakter Peduli Lingkungan
Melalui Papan Wicara LISA Online


Komentar