AKSI NYATA MODUL 3.3
MENDESAIN RUANG KELAS YANG NYAMAN DAN INFORMATIF
OLEH : ATIK SITI MARYAM - CGP KAB. BREBES
PERISTIWA (FACTS)
A. Latar
Belakang
Pendidikan
ialah proses pembentukan peserta didik sehingga dapat berfikir kreatif. Karena
tidak dapat dipungkiri, untuk mengatasi perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi yang semakin canggih dan modern maka diperlukan manusia-manusia yang
berfikir kreatif, profesional dan memiliki kepedulian terhadap masalah-masalah
yang timbul dalam masyarakat. Oleh sebab itu, pendidikan yang diselenggarakan
harus mengarahkan peserta didik untuk menjadi kreatif. Untuk mengantisipasi
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang, menuntut
lahirnya manusia-diperlukan manusia-manusia yang berfikir kreatif, profesional
dan memiliki kepedulian terhadap masalah-masalah yang timbul dalam masyarakat. Dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah perkembangan jaman
menuntut untuk menjadikan guru aktif dan kreatif dalam melaksanakan kegiatan
belajar mengajar bukan hanya melihat hasil namun melalui proses dan cara yang
benar, salah satu cara mengajar kreatif yaitu dengan mangajar sebagai seni.
Kegiatan
kreatif guru bukan hanya dengan cara menggunakan strategi dalam pembelajaran
namun harus dengan mengelola kelas dengan sedemikian rupa agar peserta didik
dapat nyaman di dalam kelas saat belajar maupun istirahat. Suasana pembelajaran
yang nyaman dan informatif, dalam pengelolaan kelas dapat diwujudkan dengan
cara mendesain ruang kelas melalui konsep yang mengedepankan kenyamanan anak
agar termotivasi dalam belajar didalam kelas. Desain ruang kelas harus
disesuaikan dengan karakter anak di dalam kelas agar dapat menegtahui apa saja
yang mempengaruhi motivasi belajar anak didalam kelas.
Dengan
memanfaatkan sumber daya yang dimiliki sekolah baik dari sarana prasarana sekolah,
wawasan dan keterampilan murid, maupun dukungan dari teman sejawat dan orang tua menjadi
pertimbangan utama dalam perencanaan dan pengelolaan program. Dengan kerjasama
dan kolaborasi semua warga sekolah kegiatan mendesain ruang kelas yang nyaman
dan informatif dapat dilakukan lebih optimal diharapkan murid dapat
menyukai suasana kelas sekalipun berada di dalam ruang kelas waktu yang lama. Desain
ruang kelas yang akan digunakan penulis lebih mengedepankan dengan aspek
afektif, kognitif dan psikomotorik untuk meningkatkan motivasi belajar murid di
dalam kelas.
B. Alasan
Melakukan Aksi
Kegiatan mendesain ruang
kelas yang nyaman dan informatif dilakukan karena masih banyak
terdapat ruang kelas belajar yang monoton dan formal di SMP Negeri 2 Brebes.
Sebagian murid SMP Negeri 2 Brebes hanya mendengarkan informasi atau
pengetahuan yang diberikan oleh pendidik karena penempatan tempat duduk yang stagnan kurang mendukung sebagai tempat untuk
memperoleh informasi yang mendukung kegiatan pembelajaran, maka butuh desain
ruang kelas yang nyaman dan informatif kondisi ruangan kelas yang dapat mempengaruhi motivasi
anak untuk belajar didalam kelas dan membuat merasa nyaman saat belajar.
C. Hasil Aksi Nyata yang
Dilakukan
Hasil aksi nyata dalam mendesai ruang kelas yang nyaman dan
inspiratif dengan kegiatan sebagai berikut
- Komunikasi dan berkoordinasi
dengan kepala sekolah selaku pemangku kepentingan serta meminta ijin untuk
melaksanakan kegiatan mendesai ruang kelas yang nyaman dan inspiratif
- Melakukan
sosialisasi dan diskusi dengan murid tentang desain ruang kelas yang nyaman dan informatif.
- Strategi memanfaatkan suber daya yang dimiliki diantaranya sebagai berikut :
- Memanfaatkan poster yang ada dalam ekstrakurikuler PMR, Sekolah sehat, DPA,
- Setiap siswa membuat poster atau tulisan edukasi, diperbolehkan mengambil dari internet
- Berbagi tim untuk tema materi pelajaran seperti rumus matematika, kesenian, peta, bahasa jawa, gambar pahlawan dana lainnya sesuai dengan minat murid.
- Memajang hasil karya kreatifitas murid dari mata pelajaran Prakarya
- Memajang PIN murid pada kegiatan DPA
- Cetak Banner kesepakatan kelas oleh Nafila memanfaatkan uang kas kelas.
- Pelaksanaan mendesain ruang kelas yang nyaman dan informatif dilakukan murid dengan 2 tahap.
- Persiapan mendesain ruang kelas yang nyaman dan informatif, dilakukan di rumah murid masing-masing atau saling bekerjasama yang rumahnya dekat dan dibantu orang tua.
- Kegiatan Mendesain Ruang Kelas yang Nyaman dan Informatif, murid membawa hasil kreatifitasnya dan memanfaatkan poster informasi dari beberapa kegiatan ekstrakurikuler ke sekolah dan mendesai bersama ruang kelas yang nyaman dan informatif.
TEMUAN (FINING).
Mengapa murid tidak semua terlibat dalam mendesain ruang kelas yang nyaman dan informatif di sekolah ? hal ini terjadi karena kondisi pandemi Covid-19 menyebabkan banyaknya keterbatasan bagi murid untuk datang ke sekolah selain itu juga murid kelas 9 sudah berada di penghujung tahun dan lebih fokus pada Ujian sekolah, Solusi yang dilakukan setiap murid secara individu atau berkelompok bagi yang rumahnya dekat membuat tulisan atau poster sesuai tema yang disepakati dan dikumpulkan ke sekolah atau dititipkan ke teman yang memungkinkan datang ke sekolah untuk mendesain ruang kelas yang informatif dan menyenangkan selain itu kerjasama dan ijin dari orang tua juga sangat dibutuhkan untuk anak-anaknya mengerjakan tugasnya membuat poster dan datang ke sekolah melakukan kegiatan bersama mendesain ruang kelas yang nyaman dan informatif
MASA DEPAN (FUTURE).
Jika murid memiliki semangat tinggi dalam mendesain ruang kelas yang nyaman dan informatif untuk meningkatkan motivasi belajarnya maka murid akan lebih mudah memperoleh berbagai informasi yang dibutuhkan dalam mengembangkan potensi dirinya sesuai dengan kodrat yang dimilikinya, murid memiliki kesempatan untuk mengendalikan lingkungan kelasnya sesuai dengan apa yang diminati meski harus tetap sesuai dengan norma yang berlaku. Perubahan yang sudah terjadi adalah murid memiliki motivasi dan mengembangkan sikap kerjasama yang baik, meningkatkan kreatifitasnya dan mngembangkan diri dalam literasinya, harapannya apa yang telah dilakukan bersama dalam mendesain ruang kelas yang nyaman dan informatif dapat mengembangkan daya imaginatif murid untuk menciptakan hal-hal positif yang dapat meningkatkan motivasi belajarnya dalam berbagai lingkungannya yang ada sehingga mendukung masa depannya lebih baik.
Komentar
Posting Komentar