REFLEKSI TERBIMBING MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

REFLEKSI TERBIMBING MODUL 3.3  

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID


 Tujuan Pembelajaran Khusus:  

  1. CGP dapat melakukan refleksi dan metakognisi terhadap proses pembelajaran yang telah mereka lalui.
  2. CGP menggunakan pemahaman barunya untuk memperbaiki proses pembelajaran yang diampunya.

Anda telah sampai pada fase refleksi terbimbing. Inilah saatnya Anda merenung, mengingat kembali, dan melakukan refleksi mendalam berdasarkan pengalaman belajar yang telah Anda lalui. Proses melakukan refleksi dan membuat kesimpulan ini didorong melalui pendampingan dan pertanyaan-pertanyaan fasilitator melalui LMS yang disediakan.

  1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? 
  2. Apa hal-hal baru yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? 
  3. Perubahan apa yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?


1.       Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

  1. Hal yang menarik dari semua materi yang ada dalam modul 3.3 menurut saya adalah  Managemen resiko. Hal yang belum pernah terfikirkan sebelumnya. Walaupun kadang terbesit kendala yang mungkin ada ketika membuat sebuah program tetapi belum dipetakan dengan baik dan tersusun secara logis seperti yang ada dalam managemen resiko (strategis, keuangan, operasional, pemenuhan, reputasi). Managemen resiko perlu sekali diperhitungkan di tahap awal merencanakan sebuah program karena segala kerugian yang mungkin menghambat jalannya program dapat diminimalisir dengan baik.
  2. Saya memahami bagaimana menggunakan sumber daya yang dimiliki sekolah dan asset yang dapat digunakan dalam program yang berdampak pada murid, selain itu juga dalam merencanakan program menggunakan tahapan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan Rencana dan Atur Eksekusi). Dalam mengatur eksekusi mengajak komunikasi pemangku kepentingan, teman sejawat, murid dan seluruh stakeholder sekolah menggunakan MELR (Monitoring, Evaluasi, Learning dengan 4 F yaitu Fact, Feeling, Finding, Future, Reporting) dengan menggunakan manajemen resiko (Resiko srategis, Resiko keuangan, resiko operasional, resiko pemenuhan dan resiko reputasi.

2.       Apa hal-hal baru yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

a.       Ketrampilan menganalisis data untuk menentukan prioritas masalah dan kebutuhan sekolah/ murid

b.      Pemahaman mengenai berbagai program dan strategi memilih program yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan aspek-aspek dalam pengembangan program ( format, durasi kerja, sumber daya, lokasi

c.       Tahapan pengelolaan program yang efektif dan berdampak pada murid (dengan menerapkan tahapan BAGJA dan cara mengevaluasi praktik yang selama ini dijalankan sekolah

d.      Analisis manajemen resiko dan mampu mengelola resiko menjadi sebuah potensi yang berorientasi pada pembelajaran murid

e.      Strategi MELR (Monitoring, Evaluasi, Learning, Reporting) dengan menggunakan 12 dasar prinsip yang digunakan sebagai pedoman monitoring dan evaluasi

3.       Perubahan apa yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini ?

a.       Berpikir positif / Aset Base-Thinking dalam menyusun program lebih berdampak pada murid dengan mendengarkan masukan/ open minded

b.      Menerapkan manajemen resiko di awal perencanaan program sehingga dapat menyusun program yang terbaik dengan pertimbangan resiko yang ada sehingga potensi keberhasilannya tinggi

c.       Merencanakan program 2021/2022 yang berpihak pada murid dengan memberdayakan potensi asset yang ada di sekolah dan lingkungan sekitar

d.      Merancang program melalui tahapan BAGJA agar terarah dan terencana dengan baik

e.      Menyusun pelaporan dengan menggunakan MELR (Monitoring, Evaluasi, Learning, Reporting) agar dapat terlihat progress dan hal mana yang masih harus diperbaiki untuk kemajuan program kedepannya

  1. Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? 
  2. Apa hal-hal baru yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? 
  3. Perubahan apa yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini?

1.       Apa yang menarik bagi Anda setelah mempelajari pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

  1. Hal yang menarik dari semua materi yang ada dalam modul 3.3 menurut saya adalah  Managemen resiko. Hal yang belum pernah terfikirkan sebelumnya. Walaupun kadang terbesit kendala yang mungkin ada ketika membuat sebuah program tetapi belum dipetakan dengan baik dan tersusun secara logis seperti yang ada dalam managemen resiko (strategis, keuangan, operasional, pemenuhan, reputasi). Managemen resiko perlu sekali diperhitungkan di tahap awal merencanakan sebuah program karena segala kerugian yang mungkin menghambat jalannya program dapat diminimalisir dengan baik.
  2. Saya memahami bagaimana menggunakan sumber daya yang dimiliki sekolah dan asset yang dapat digunakan dalam program yang berdampak pada murid, selain itu juga dalam merencanakan program menggunakan tahapan BAGJA (Buat Pertanyaan, Ambil Pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan Rencana dan Atur Eksekusi). Dalam mengatur eksekusi mengajak komunikasi pemangku kepentingan, teman sejawat, murid dan seluruh stakeholder sekolah menggunakan MELR (Monitoring, Evaluasi, Learning dengan 4 F yaitu Fact, Feeling, Finding, Future, Reporting) dengan menggunakan manajemen resiko (Resiko srategis, Resiko keuangan, resiko operasional, resiko pemenuhan dan resiko reputasi.

2.       Apa hal-hal baru yang Anda temukan dalam proses pembelajaran tentang pengelolaan program yang berdampak pada murid? 

a.       Ketrampilan menganalisis data untuk menentukan prioritas masalah dan kebutuhan sekolah/ murid

b.      Pemahaman mengenai berbagai program dan strategi memilih program yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan aspek-aspek dalam pengembangan program ( format, durasi kerja, sumber daya, lokasi

c.       Tahapan pengelolaan program yang efektif dan berdampak pada murid (dengan menerapkan tahapan BAGJA dan cara mengevaluasi praktik yang selama ini dijalankan sekolah

d.      Analisis manajemen resiko dan mampu mengelola resiko menjadi sebuah potensi yang berorientasi pada pembelajaran murid

e.      Strategi MELR (Monitoring, Evaluasi, Learning, Reporting) dengan menggunakan 12 dasar prinsip yang digunakan sebagai pedoman monitoring dan evaluasi

3.       Perubahan apa yang akan Anda lakukan setelah memahami atau mempelajari materi ini ?

a.       Berpikir positif / Aset Base-Thinking dalam menyusun program lebih berdampak pada murid dengan mendengarkan masukan/ open minded

b.      Menerapkan manajemen resiko di awal perencanaan program sehingga dapat menyusun program yang terbaik dengan pertimbangan resiko yang ada sehingga potensi keberhasilannya tinggi

c.       Merencanakan program 2021/2022 yang berpihak pada murid dengan memberdayakan potensi asset yang ada di sekolah dan lingkungan sekitar

d.      Merancang program melalui tahapan BAGJA agar terarah dan terencana dengan baik

e.      Menyusun pelaporan dengan menggunakan MELR (Monitoring, Evaluasi, Learning, Reporting) agar dapat terlihat progress dan hal mana yang masih harus diperbaiki untuk kemajuan program kedepannya


Komentar